19 September 2009

Melek Teknologi Sejak Dini


Perubahan zaman semakin cepat, melirik sedikit ke belakang pada saat saya sekolah pengiriman pesan masih menggunakan surat yang untuk jarak 40 km saja bisa memakan waktu 3 hari. Artinya kalau kita menyampaikan pesan melalui surat itu baru akan keterima oleh penerima pesan 3 hari kemudian dan balasannya akan kita terima seminggu kemudian. Sedangkan sekarang, waktu pengiriman dan pesan balasan diterima kembali hanya perlu waktu hitungan menit padahal jarak berkali-kali lipat. Artinya dampak dari teknologi ini membuat segala sesuatu bisa diselesaikan dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat dan biaya lebih murah.

Perkembangan ini memaksa kita untuk bisa mengikuti walau terkesan dipaksa daripada tidak sama sekali yang pada akhirnya akan tergusur atau tertinggal jauh pada kebiasaan masa lalu sementara yang lain melaju sedemikian kencangnya menuju pada satu titik tujuan yang sama.

Anak kita adalah pewaris masa depan yang lahir di era teknologi. Pada zamannya mereka dewasa nanti kemajuan teknologi sudah dapat dipastikan jauh lebih pesat dibanding saat ini. Oleh sebab itu sejak dini mereka harus dikenalkan teknologi masa kini sehingga mereka bisa menjadi bagian dari kemajuan teknologi masa depan atau bahkan menjadi pioneer salah satu bidang teknologi yang akan lahir berikutnya.


Usia Balita merupakan usia yang paling pas untuk menanamkan dasar-dasar pendidikan dalam berbagai bidang untuk kemudian dibina kelangsungan perkembangannya pada babakan usia berikutnya. Pengenalan teknologi untuk balita bisa kita sesuaikan dengan memperhatikan kajian psikologis tentang perkembangan jiwa anak disesuaikan dengan pendidikan yang bisa diterapkan untuk usia tersebut.

Berbagai penelitian telah dilakukan, dan sebagai orang tua tinggal memilihkan bagi anak-anaknya teknologi yang cocok dikenalkan bagi anak-anaknya yang sedang dalam masa perkembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar