11 September 2009

Membangkitkan Minat Belajar


Keberhasilan Proses Belajar Mengajar ditentukan seberapa besar kontribusi proses belajar terhadap hasil. Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang ditunjang oleh berbagai faktor yang saling mempengaruhi terhadap keberhasilan belajar.

Salah satu faktor yang menentukan itu adalah motivasi. Dalam hal ini bagaimana seorang pendidik mampu membangkitkan motive peserta didik untuk mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Penyediaan motivasi menjadi salah satu hal yang menuntut kreatifitas seorang guru, karena guru harus mampu membaca kondisi siswa dan mencoba mengarahkan kecenderungan yang memungkinkan bisa membangkitkan motiv siswa untuk belajar.

Game Edukatif, adalah suatu desain proses belajar yang kreatif dengan mengarahkan siswa pada suatu tujuan dengan menempuh proses belajar yang sangat menyenangkan. Proses belajar seperti ini menempatkan peserta didik pada suatu kondisi yang santai, tanpa tekanan harus A, B, tetapi tetap terarah pada hasil belajar yang diharapkan yaitu materi yang disajikan pada Game Edukatif itu.

Pendidik (Guru / orang tua) bisa mengarahkan peserta didik / anak pada tujuan tertentu dengan menyediakan Game Edukatif yang mendukung tujuan tersebut. Misal, anak diharapkan untuk mampu mengenal pengetahuan umum seputar wawasan Nusantara kita, maka orang tua atau guru bisa memilihkan game tentang wawasan Nusantara sebagai contoh Game Edukatif TEKA Nusantara (Tebak Kata) Nusantara.

Dengan menggunakan Game Educative, maka belajar bisa berjalan berulang-ulang tanpa perlu terus menerus didorong oleh guru, karena proses ini sangat menyenangkan sehingga anak tanpa disadari terus-menerus mengulangi permainan edukatif ini dan hasil belajarpun bisa kita nilai dari dialog seputar game yang dimainkan siswa/ anak. Dengan dialog ini pula guru mampu menilai seberapa jauh anak/ siswa menguasai materi yang disajikan pada game tersebut, di sisi lain siswa merasa mendapat perhatian / empati dari pendidik terhadap apa-apa yang dia sukai dan inilah modal berharga bagi pendidik / orang tua untuk masuk pada tujuan berikutnya dengan kondisi siswa / anak yang sudah welcome.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar