08 September 2009

Menjadi Guru Handal di Era Digital



Guru dari zaman ke zaman mempunyai peran yang sangat penting. Semua bidang kehidupan lahir karena ada guru. Guru mempunyai peran yang sangat vital dalam proses pembelajaran.

Dalam bahasa Sunda dikenal pepatah "GURU = diGugu jeung ditiRu" artinya perintah, instruksi, dorongan, dll. dari seorang guru oleh siswanya akan ditaati, dan segala perbuatannya akan ditiru oleh siswanya. Hal ini menuntut seorang guru harus benar-benar menjadi suri tauladan bagi para siswanya, sehingga perintah, arahan, instruksi yang disampaikan kepada para siswanya benar-benar bermanfaat bagi para siswa dan perbuatan guru yang akan ditiru oleh siswa juga menggambarkan seorang yang berkepribadian luhur.

Keber
hasilan proses belajar mengajar akan ditunjang oleh berbagai hal, dan lagi-lagi guru menjadi salah satu kunci keberhasilan itu. Guru harus bisa menyajikan pelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi siswa, lingkungan, kematangan, zaman, selain acuan yang tertera pada kurikulum.

Pada zaman penjajahan dikenal alat tulis "Sabak" yaitu alat tulis yang masih sangat tradisional tetapi mampu mengantarkan putra-putra Bangsa Indonesia bisa baca tulis. Era digital sudah tidak terbendung lagi dan berimbas pada teknologi pendidikan. Apakah guru akan tetap bertahan pada gaya lama? Hanya menggunakan alat tulis manual? Sedangkan perangkat-perangkat canggih terus dikucurkan oleh pemerintah kepada sekolah-sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.


Melihat kenyataan itu Guru harus mampu
"Ing ngarso sung tulodo-ing madyo mangun karso-tut wuri handayani" secara singkat harus mampu memberi contoh, membangkitkan motiv belajar, membimbing siswa dalam proses belajar mengajar. Di era digital salah satu penjabarannya adalah Guru harus lebih melek digital sehingga mampu memberi contoh membangkitkan motiv belajar dan membimbing siswa, bukan sebaliknya guru terlindas teknologi alias "Gaptek" sehingga perangkat digital yang berharga ratusan juta rupiah tidak ada artinya.

Belajar tidak mengenal batas ruang dan waktu, guru sendiri masih harus terus belajar sambil mengajar. Bentuk belajarpun sangat variatif dan kondisional. Di era digital belajarpun bisa dengan cara digital, salah satunya CD Tutorial Interactive yang diterbitkan oleh PT. Bamboomedia Cipta Persada yang berupaya mengantarkan guru untuk melek teknologi serta bisa menjadi guru terbaik pada zamannya.


Beberapa produk yang berkaitan dengan kompetensi seorang guru, diantaranya :

1. Guru Kreatif Era Digital ; membuat applikasi belajar / ujian yang interactive (selengkapnya)
2. Power Point untuk Guru dan Dosen; membuat desain materi pelajaran dengan slide yang menarik dan membangkitkan minat siswa (selengkapnya)
3. Smart Teacher 2.0 ;
sistem database soal, jadwal, dll.(selengkapnya)
4. Guru belajar Blog;
guru mahir membuat blog (selengkapnya)

Untuk menunjang pendidikan, Bamboomedia memberikan discount untuk setiap pembelian produknya dengan menggunakan
VOUCHER : 758152. masukkan nomor voucher ini ada form order setiap belanja produk Bamboomedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar